Wirawan Trunodipo

Just Another Words for Press

Perangkap Ikan dari Botol Bekas

Posted by Teddy Wirawan Trunodipo pada September 22, 2016

Ide kreatif satu orang ini dalam membuat perangkap ikan patut diberi pujian. Hanya mengandalkan botol bekas dari minuman air mineral dan minuman bersoda bisa mendapatkan ikan banyak sekali. Botol bekas itu berukuran dari 1,5 liter hingga 2 liter. Botol-botol itu dibuat lubang untuk masuknya ikan dengan cara disayat menggunakan cutter sebanyak 2 – 4 sayatan dengan saling menyilang searah mata angin. Hasil sayatan akan membentuk lembaran segitiga. Lembaran segitiga kemudian ditekan ke dalam supaya ada sedikit rongga untuk masuknya ikan. Di atas lembaran segitiga dibuat satu sayatan memanjang dengan tujuan untuk keluarnya ikan ketika sudah tertangkap. Panjangnya sayatan diperhitungan sesuai besarnya ikan yang masuk dalam perangkap. Pada bagian lain, tutup botol juga dilubang dengan paku dengan tujuan untuk membuang air ketika mengambil tangkapan ikan. Lubang yang dibuat kisaran 3-5 buah dengan diamater paku 5 mm.

Tahap berikutnya adalah merakit botol tersebut. Botol yang sudah disayat dan tutupnya yang sudah dilubang kemudian disatukan. Ada pemberian tali dan dihubungkan dengan botol yang lebih kecil berukuran sekitar 500 – 650 ml. Tali diikatkan pada bagian bawah tutup botol supaya mudah mengkait. Perangkat sudah siap untuk dipakai. Fungsi botol yang berukuran kecil adalah sebagai pelampung agar perangkap tidak tenggelam ke dasar sungai.

Pemberian pakan ikan di dalam botol untuk tujuan memancing kehadiran ikan dan mau masuk ke dalam botol. Setelah semua botol berisi pakan ikan, perangkat bisa dimasukan ke dalam sungai. Pemilihan tempat untuk menebar perangkap disesuaikan dengan kebiasan tinggal ikan. Perangkap yang sudah ditinggal selama beberapa jam dapat diambil. Dan hasilnya, sangat menakjubkan. Bagi Anda yang berminat, silahkan mencoba. SALAM SUKSES

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: