Wirawan Trunodipo

Just Another Words for Press

DEFINISI DAN FAKTOR PEMBENTUK KOMITMEN

Posted by Teddy Wirawan Trunodipo pada Oktober 22, 2009

Komitmen organisasi, menurut Alwi, (2001) adalah sikap karyawan untuk tetap berada dalam organisasi dan terlibat dalam upaya-upaya mencapai misi, nilai-nilai dan tujuan organisasi. Lebih lanjut dijelaskan, bahwa komitmen merupakan suatu bentuk loyalitas yang lebih konkret yang dapat dilihat dari sejauh mana karyawan mencurahkan perhatiasn, gagasan, dan tanggung jawab dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Meyer dan Allen (1991) merumuskan suatu definisi mengenai komitmen dalam berorganisasi sebagai suatu konstruk psikologis yang merupakan karakteristik hubungan anggota organisasi dengan organisasinya dan memiliki implikasi terhadap keputusan individu untuk melanjutkan keanggotaannya dalam berorganisasi. Berdasarkan definisi tersebut anggota yang memiliki komitmen terhadap organisasinya akan lebih dapat bertahan sebagai bagian dari organisasi dibandingkan anggota yang tidak memiliki komitmen terhadap organisasi.

Penelitian dari Baron dan Greenberg (1990) menyatakan bahwa komitmen memiliki arti penerimaan yang kuat individu terhadap tujuan dan nilai nilai perusahaan, di mana individu akan berusaha dan berkarya serta memiliki hasrat yang kuat untuk tetap bertahan di perusahaan tersebut

Begley & Cjazka, (1993) menggolongkan faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi tersebut dalam 4 kategori, yaitu :

  1. Karakteristik individu (usia, tingkat pendidikan, jenis kelamin, status perkawinan)
  2. Karakteristik yang berhubungan dengan pekerjaan
  3. Karakteristik struktural (formalitas, desentralisasi)
  4. Pengalaman dalam kerja

Dessler, (1994), berpendapat bahwa komitmen organisasi merupakan kekuatan identifikasi dari keterlibatan individu dengan organisasi. Komitmen yang tinggi dicirikan dengan 3 hal, yaitu :

  1. Kepercayaan dan penerimaan yang kuat terhadap tujuan dan nilai-nilai organisasi
  2. Kemauan yang kuat untuk bekerja demi organisasi
  3. Keinginan yang kuat untuk tetap menjadi anggota organisasi

Gibson, et. al, (1995) menguraikan pendapat Buchanan; bahwa komitmen organisasi melibatkan 3 sikap, yaitu:

  1. Identifikasi dengan tujuan organisasi
  2. Perasaan keterlibatan dalam tugas-tugas organisasi
  3. Perasaan loyalitas terhadap organisasi

Dirangkum oleh : Teddy Wirawan Trunodipo sebagai bahan mengajar KEWIRAUSAHAAN

Sumber :
Behavior Organizations, Gibson, et. al, (1995)
http://indosdm.com
http://www.institutmahardika.com
http://psikomedia.com
http://rumahbelajarpsikologi.com
http://wangmuba.com
http://warnadunia.com

DOWNLOAD MATERI

Satu Tanggapan to “DEFINISI DAN FAKTOR PEMBENTUK KOMITMEN”

  1. iruel said

    trima kasih ,berbagiinya,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: