Wirawan Trunodipo

Just Another Words for Press

MAKNA DARI AKTUALISASI DIRI

Posted by Teddy Wirawan Trunodipo pada Januari 16, 2009

Richard dan Brain adalah lulusan sarjana S1 manajemen dari sebuah universitas ternama di kota mereka. Tahun lalu mereka baru saja menyelesaikan studinya. Richard mahasiswa pintar, lulusan terbaik dengan indeks prestasi 3,87. Brain pun juga demikian menyelesaikan kuliahnya dengan index prestasi 3,75. Brain lulus dengan ipk lebih rendah dari Richard dikarenakan aktivitas kegiatan mahasiswa dan sosial yang dia miliki. Brain dari sisi akademik tidak bisa mencapai ipk sebagaimana Richard.

Sekarang mereka diterima di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi. Richard ditempatkan di departemen Marketing. Sementara Brain, ditempatkan di departemen Human Resource karena selama di universitas dia sering berkecimpung pada aktivitas kampus dan masyarakat.

Bulan pertama, kedua, dan ketiga, mereka bekerja dengan baik. Richard dan Brain mulai memahami pekerjaan mereka, terkadang sempat timbul dibenak mereka “ternyata teori yang diajarkan di kampus tidak semuanya bisa diaplikasikan “. Enam bulan pertama, selesailah masa uji coba. Kedua pria ini mulai disibukkan pekerjaan-pekerjaan baru. Semakin hari, tugas yang mesti dikerjakan oleh mereka semakin bertambah dan berat.

Di belahan benua lain, terdapatlah dua insan pemuda. Aktivitas mereka sebagai karyawan di sebuah perusahaan ternama. Irwan dan Dani, sebut saja namanya, bekerja pada perusahaan berbeda. Walaupun mereka mengawali karirnya secara bersamaan namun Dani lebih cepat melejit dibandingkan Irwan.

Suatu hari, Irwan dan Dani bertemu pada salah satu acara “kendi amal bencana alam”. Lantaran sudah lama tidak bertemu, kedua shahabat ini saling menanyakan perihal satu sama lain. Pada kesempatan itu, Irwan bertanya kepada temannya ” Dani, aku salut kepadamu, pada usia muda sekarang ini, kamu telah dipercayakan untuk menduduki jabatan Direksi di tempatmu bekerja. Apa rahasianya sehingga engkau bisa mencapai jabatan tersebut ?”.

“Aku hanya mendalami dan mengembangkan terus setiap KELEBIHAN yang kumiliki, dan perlahan-lahan mengurangi KELEMAHAN yang aku punya” jawab Dani. “Apa ? hanya itu ?” Tanya Irwan selanjutnya, Danipun menjawab ” Ya, aku hanya terus mengasah dan mempertajam KELEBIHANku, dan terus menerus berusaha untuk memperbaiki KELEMAHANku”.

Ada cerita lain di tempat Richard dan Brain bekerja. Setiap mendapat pekerjaan baru, Richard sering komplain kepada atasannya, ” Pekerjaan ini bukan tugas saya ?” terkadang juga dia mengeluh ” Masa saya harus mengerjakan tugas atasan?”. Sementara Brain, saat senang memperoleh tugas baru, dia menerima dan melaksanakan pekerjaan itu. Bila ada pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh orang lain, ditimpakan kepadanya, maka dia melakukannya penuh semangat dan semaksimal mungkin. Bahkan terkadang, Brain meminta ijin kepada atasanya untuk membantu menyelesaikan tugas bosnya.

Tiga tahun kemudian, perusahaan komunikasi tempat Richard dan Brain bekerja bertambah tumbuh dan berkembang. Manajemen memutuskan untuk memperluas bisnis. Salah satunya adalah dengan cara membuka kantor cabang baru. Kantor cabang baru tentu membutuhkan seorang leader dan tenaga baru untuk penempatan di sana. Siapakah yang menduduki kepala cabang baru itu ? sudah pasti Brain. Karena performannya dalam bekerja terus meningkat. Diapun dipromosikan sebagai Head Branch Office.

——-888——-

Teman-teman,

Kadangkala dikehidupan ini kita pernah mendapatkan ujian, menurut kita ujian itu tidak pantas kita pikul. Atau terkadang kita berkata “Mengapa cobaan seberat ini dilimpahkan kepada ku ?”. Apakah itu di kantor, di sekolah, atau di kehidupan sehari-hari.

Bukankah yang membedakan antara seorang manager dengan karyawan biasa terletak pada wewenang dan tanggung jawab yang diembankannya? Bagaimana bila Anda mendapat jabatan sebagai Marketing Director tetapi tugas dan tangung jawab Anda sama seperti Manager Junior? Apakah Anda bangga menduduki jabatan tersebut ?

Teman-teman, prestasi Anda bukan dilihat dari seberapa besar hasil yang anda ciptakan/buat. Akan tetapi prestasi yang patut dibanggakan adalah proses dari PENCAPAIN BERBEDA yang lebih baik DARI KEMARIN.

Teruslah MENGAKTUALISASIKAN DIRI Anda, galilah terus setiap KELEBIHAN, keahlian dan skill Anda. Carilah teman dekat Anda, tanyakan kepadanya ” Apa KELEBIHAN yang aku miliki belum aku OPTIMALKAN ?” tanyakan juga ” Apa KELEMAHAN yang aku punya, harus aku perbaharui ?” dan berusahalah menemukan, bagaimana cara Anda MENGAKTULISASIKAN DIRI dengan baik dan sempurna ?

” Jika hari ini lebih baik dari kemarin, maka kita termasuk orang beruntung ”
” Jika hari ini sama dengan hari kemarin , maka kita termasuk orang merugi ”
” JIka hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka kita tergolong orang celaka ”

4 Tanggapan to “MAKNA DARI AKTUALISASI DIRI”

  1. swastitika said

    Hey…nice article…can be a motivation of me to improve my skills in my life…

    nice to meet you…

    please find the article like that.. can be the best motivation for another people…

    i know, you want share a good thing for people in this world…

    _with love_

  2. teddy said

    so…..i will posting many acrticle in my blog to give motivation and inlightment everybody

    tank’s for your visit in my blog
    and…..
    tank’s with your love for me

    muah

  3. vera handriantika said

    my article be a motivation for another people , , , ,

    thanks for your visit in my blog,,,,

    and with love

  4. instagram get more followers

    MAKNA DARI AKTUALISASI DIRI « Wirawan Trunodipo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: